Pentingnya Kampung Ramah Anak di Wilayah Kita

 on Monday 26 October 2015  


Pentingnya Kampung Ramah Anak di Wilayah Kita

Perjuangan mempersiapkan anak sebagai generasi berkualitas berarti membangun dan mensejahterakan kehidupan anak sedini mungkin, yang dimulai dari masa anak dalam kandungan, kemudian terlahir dan berada di dalam pengasuhan keluarga, dengan menerapkan Kampung Ramah Anak hingga kemudian anak dewasa dan masuk ke lingkungan yang lebih besar, yakni lingkungan masyarakat. Dalam proses tumbuh kembang tersebut, anak juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi agar bisa bertumbuh kembang secara optimal.Kebutuhan tersebut bukan hanya terkait kebutuhan fisik, namun juga kebutuhan sosial dan psikologis, serta lingkungan yang mendukung berkembangnya semua potensi yang dimilikinya.

“Lingkungan yang baik, akan menghasilkan anak yang baik yang selanjutnya akan berkembang menjadi insan dewasa dan berada di lingkungan yang lebih luas lagi, yaitu wilayah dan negara serta dunia. Kita tidak dapat mengharapkan adanya sumber daya manusia yang handal, jika lingkungan untuk anak tidak baik,”ungkap Menteri PP-PA, Linda Amalia Sari Gumelar, dalam acara Talkshow dan Pameran Kampung Ramah Anak di Universitas Trisakti, yang digelar sebagai bagian dari rangkaian Hari Anak Nasional 2014, Rabu (16/7). 

Untuk menciptakan lingkungan yang baik tersebut, Linda mengatakan bahwa institusi yang dipimpinnya telah mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga dan juga kebijakan menuju Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Tujuan kebijakan menuju Kampung Ramah Anak Yogyakarta antara lain untuk membangun sebuah sistem pembangunan anak yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan dalam dimensi kabupaten/kota, sehingga percepatan pemenuhan hak-hak anak segera dapat dilakukan oleh semua pihak. 

Sampai tahun ini,KPP-PA telah mencatat 186 kabupaten/kota yang telah  mengembangkan kab/kotanya menuju layak anak, yang kemudian oleh beberapa daerah seperti di Yogyakarta, Surabaya telah mengembangkan sampai ke tingkat RT/RW sebagai Kampung Ramah Anak.

Pentingnya Kampung Ramah Anak di Wilayah Kita


Dalam kesempatan yang sama, Linda juga menekankan pentingnya Kampung Ramah Anak sebagai bagian dari pembangunan Kabupaten/Kota layak Anak. “Mengapa hal ini penting? Karena dewasa ini kehidupan kampung juga sangat dinamis, menghadirkan berbagai permasalahan dan tantangan dan dengan semakin terbukanya teknologi, informasi dan komunikasi yang dapat diakses oleh semua pihak, tidak terkecuali anak. Perkembangan kampung yang pesat namun kurang terencana tentu akan menambah resiko anak dalam tumbuh kembangnya,”papar Linda. 

Terlebih, Linda menambahkan, kasus-kasus trafiking, pernikahan dini eksploitasi dan berbagai masalah sosial lainnya, biasanya bermula dari kondisi Kampung Ramah Anak yang kurang kondusif bagi anak. Padahal, menurut data proyeksi BPS tahun 2013,  jumlah anak Indonesia adalah 30% dari jumlah total penduduk di Indonesia, yakni 82,5 juta jiwa, dan 57%-nya tinggal di perdesaan/kampung. Angka ini akan bertambah dengan pertumbuhan penduduk 2,1% pertahun.

Untuk itu, Linda berharap agar Perguruan Tinggi pun ikut mengambil perannya dalam mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan hak anak melalui Kampung Ramah Anak ini. “Perguruan tinggi mempunyai peran dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dengan melaksanakan fungsi tersebut diharapkan perguruan tinggi dapat mendukung pemerintah dan pemerintah daerah dalam melaksanakan penelitian atau kajian yang mendukung pada perumusan kebijakan tentang pemenuhan hak anak,”ungkap Linda. 

Disamping itu, Linda juga menambahkan bahwa perguruan tinggi melalui peran pengabdian pada masyarakat dapat juga melakukan fasilitasi pada pemerintah, serta sosialisasi pada masyarakat dalam meningkatkan pemahaman mereka, untuk mewujudkan lingkungan dan komunitas yang mendukung pemenuhan kebutuhan anak melalui pengembangan kampung ramah anak.

“Saya sampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada penyelenggara acara ini. Semoga gagasan mengenai Kampung Ramah Anak ini akan mendapat tanggapan dari berbagai kalangan dan sangat diharapkan akan banyak yang dapat segera berupaya menghimpun kekuatan untuk mewujudkannya. Semua ini adalah untuk anak-anak kita, yang dalam waktu dekat, akan menggantikan kita semua untuk berperan dalam kehidupan dan pembangunan negeri kita. Berinvestasi untuk membangun anak, berarti berinvestasi untuk membangun masa depan,”tandas Linda di akhir pembicaraannya. [HN]

sumber : http://www.kemenpppa.go.id/index.php/publikasi/berita/12-anak/675-hm 

Pentingnya Kampung Ramah Anak di Wilayah Kita

Pentingnya Kampung Ramah Anak di Wilayah Kita 4.5 5 Aprilian Tas Monday 26 October 2015 Pentingnya Kampung Ramah Anak di Wilayah Kita Perjuangan mempersiapkan anak sebagai generasi berkualitas berarti membangun dan mensej...


No comments:

Post a Comment